E-JUPEKhu
Vol 6, No 2 (2018)

Penggunaan Model Explicit Instruction untuk Keterampilan Menjahit Kancing Baju bagi Anak yang Mengalami Hambatan Mental

Lusi Zahara (Universitas Negeri Padang)
Armaini Armaini (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses meningkatkan keterampilan melalui model pembelajaran explicit instruction  dan untuk membuktikan bahwa model pembelajaran  explicit instruction efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan untuk anak tunagrahita kelas VIII di SLB Luki Padang. Keterampilan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah keterampilan bina diri dalam menjahit kancing baju. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, subjek penelitian ini adalah guru kelas VIII/C. Penelitian ini dilaksanakan dengan cara melakukan kolaborasi dengan guru kelas dan peneliti sebagai pelaksana dan guru kelas sebagai pengamat. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Data  keterampilan menjahit kancing baju diperoleh melalui observasi dan tes perbuatan. Setelah diberikan perlakukan pada siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran explicit instruction efektifdalam meningkatkan keterampilan menjahit kancing baju untuk siswa yang mengalami hambatan mental  kelas VIII di SLB Luki Padang.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...