E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan
Vol 6, No 2 (2018): E-Tech

SYINTAK PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN KARAKTER BAGI ANAK USIA DINI DI KOTA PADANG

Abna Hidayati (Universitas Negeri Padang)
Alwen Bentri (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2019

Abstract

Pengembangan video pembelajaran karakter bagi anak usia dini di Kota Padang akanberlangsung efektif jika disesuaikan dengan sintax atau urutan pembelajaran. Dalam hal inipenggunaan metode pembelajaran kooperatif menjadi penting. Penelitian ini bertujuan untukmenemukan syntaks pembelajaran menggunakan video pembelajaran karakter bagi anak usiadini di Kota Padang.Penelitian  ini  menggunakan  model  pengembangan  Addie  dengan  tahapan  desain,pengembangan, development, implementasi dan evaluasi. Pada bagian ini dibahas mengenaisyntaks pembelajaran menggunakan media video pendidikan karakter bagi anak usia dini.Syntaks  ini  divalidasi  oleh  pakar  dari  media  pembelajaran  dan  anak  usia  dini.  Syntakspembelajaran telah diberikan masukan oleh praktisi pendidikan yakni guru pada lembagaPaud di Kota Padang.Adapun hasil penelitian berupa urutan pembelajaran (syntaks) pada anak usia diniyakni diadopsi dari model ICARE atau Introduction, Connection, Application, Reflection danExtension yang dikembangkan oleh Bob Hoffman (1997) sebagai berikut, 1) Introductiondilakukan dengan mengenalkan nilai nilai karakter dengan membentuk skemata anak tentangnilai  karakter, 2) Connection dilakukan  dengan menghubungkan aktivitas yang dilakukandengan implementasi nilai karakter melalui video pembelajaran, 3) Application dilakukandengan  cara  menerapkan  nilai  karakter  yang  diperoleh  melalui  video  pembelajaran  danmembahasnya  bersama  anak  tentang  implementasinya.  Berikutnya  tahap  4)  Reflectiondilakukan dengan merefleksikan aktivitas penanaman nilai karakter yang dilakukan dan tidakdilakukan, 5) Extention dilakukan dengan memberikan tantangan lebih luas kepada pesertadidik  untuk  mengoptimalkan  implementasi  nilai  karakter. Setelah  adanya  hasil  penelitiandisarankan  guru  mengoptimalkan  pembelajaran  karakter  melalui  impelementasi  videopembelajaran dengan menerapkan syntak yang ditetapkan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

e-tech

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects about planning, application, and production of communications media for instruction, curriculum, educational technology and research development, tech trend, computer – supported in collaboratif learning, instructional, ...