Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam materi mengoperasikan Personal Computer (PC) dalam jaringan pada mata diklat Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi (KKPI) antara siswa yang menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Media Online (PBM Online) dengan siswa yang menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah klasikal (PBM klasikal). Tempat pelaksanaan penelitian di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen. Populasi dipilih pada kelas X di sekolah tersebut dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, sedangkan untuk menentukan kelas sampel digunakan purposive sampling sehingga didapat kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ 2 sebagai kelas kontrol. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu tes akhir (posttest), kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 86,80 dan kelas kontrol 76,1. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thit = 3,33 dan ttab 2,00 berarti thit > ttab sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima, yaitu terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Media Online dengan siswa yang menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah klasikal pada kelas X di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Kelas yang menggunakan pembelajaran PBM Online lebih baik dibandingkan dengan kelas yang menggunakan pembelajaran PBM klasikal.
Copyrights © 2013