E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan
Vol 2, No 2 (2013): E-Tech

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

wuri styo utomo (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2013

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  apakah  terdapat  perbedaan  hasil  belajar siswa  dalam  materi  mengoperasikan  Personal  Computer  (PC)  dalam  jaringan  pada  mata diklat  Keterampilan  Komputer  dan  Pengolahan  Informasi  (KKPI)  antara  siswa  yang  menerapkan  Model  Pembelajaran  Berbasis  Masalah  Media  Online  (PBM  Online)  dengan siswa  yang  menerapkan  Model  Pembelajaran  Berbasis  Masalah  klasikal  (PBM  klasikal). Tempat pelaksanaan penelitian di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Jenis  penelitian  adalah  kuasi  eksperimen.  Populasi  dipilih  pada  kelas  X  di  sekolah tersebut  dengan  menggunakan  teknik  Simple  Random  Sampling,  sedangkan  untuk menentukan  kelas  sampel  digunakan  purposive  sampling  sehingga  didapat  kelas  X  TKJ  1 sebagai  kelas  eksperimen  dan  kelas  X  TKJ  2  sebagai  kelas  kontrol.  Jenis  data  yang digunakan  adalah  data  primer  yaitu  tes  akhir  (posttest),  kemudian  data  dianalisis  dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05. Hasil  analisis  menunjukkan  nilai  rata-rata  posttest  kelas  eksperimen  adalah  86,80 dan kelas kontrol 76,1. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thit = 3,33 dan ttab 2,00 berarti thit > ttab  sehingga  hipotesis  yang  diajukan  dapat diterima,  yaitu  terdapat perbedaan  hasil  belajar yang signifikan antara siswa yang menerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Media Online  dengan  siswa  yang  menerapkan  Model  Pembelajaran  Berbasis  Masalah  klasikal pada  kelas  X  di  SMK  Negeri  1  Tanjung  Raya.  Kelas  yang  menggunakan  pembelajaran PBM Online lebih baik dibandingkan dengan kelas yang menggunakan pembelajaran PBM klasikal.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

e-tech

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects about planning, application, and production of communications media for instruction, curriculum, educational technology and research development, tech trend, computer – supported in collaboratif learning, instructional, ...