Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 4, No 10 (2015): Oktober 2015

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TEHADAP KETERAMPILAN BELAJAR AKUNTANSI DI MAN 2 FILI’AL PONTIANAK

Putri, Okvita Lidya (Unknown)
., Witarsa (Unknown)
., Okianna (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2015

Abstract

Abstrak:  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  pengaruh kecerdasan emosional terhadap keterampilan belajar akuntansi kelas XI IPS di MAN 2 Fili’al pontianak. . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, data yang dikumpulkan dengan teknik kuisioner, studi dokumentasi, dan tes. Secara kuantitatif dan kualitatif sampel penelitian terdiri dari 25 siswa kelas XI IPS 1 dan 26 siswa kelas XI IPS 2 Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tidak semua variabel kecerdasan emosional berpengaruh terhadap keterampilan belajar akuntansi, terdapat 4 variabel yang secara positif dan secara signifikan (t=0,396, df=25, α=0,05/5%)  mempengaruhi keterampilan belajar akuntansi. empati tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keterampilan belajar akuntansi. nilai F tabel pada tarif kepercayaan signifikansi 0,05 adalah 0,396 dengan demikian f hitung = 5,772>f tabel= 0,396 dengan tingkat signikansinya 0,000 karena probabilitasnya signifikansinya jauh lebih kecil dari sig <0,05 maka model regresi dapat di pergunakan untuk memprediksi keterampilan belajar akuntansi siswa kelas XI IPS MAN 2 Fili’al. Kata kunci : Kecerdasan Emosional Keterampilan Belajar Akuntansi Abstract : The purpose of this study was to determine the effect of emotional intelligence to learn accounting skills class XI IPS at MAN 2 Fili'al pontianak. , The method used in this research is descriptive, data collected by questionnaire technique, study documentation, and testing. Quantitative and qualitative study sample consisted of 25 students of class XI IPS 1 and 26 students of class XI IPS 2 Based on the survey results revealed that not all the variables emotional intelligence affect the learning skills of accounting, there are four variables are positively and significantly (t = 0.396 , the df = 25, α = 0.05 / 5%) influence the learning skills of accounting. empathy does not have a significant effect on the learning skills of accounting. the value of F table at the 0.05 confidence rate is 0.396 thus count = 5.772 f> f table = 0.396 to 0.000 signikansinya level because the probability of significance is much smaller than sig <0.05, the regression model can be used to predict the learning skills of accounting Class XI MAN 2 Fili'al IPS. Keywords: Emotional Intelligence Learning Skills of Accounting

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...