Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar matematika pada materi luas trapesium dan layang-layang di kelas V Sekolah Dasar Negeri 24 Pontianak Tenggara. Bentuk penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain non-equivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes essai berjumlah 5 soal. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 76,15 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah 64,05. Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan taraf signifikan ? = 5% diperoleh hasil  (2,476) > (1,685), yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan peserta didik yang diajar menggunakan pendekatan ekspositori. Nilai Effect Size yang diperoleh sebesar 0,53 dengan kategori sedang, artinya pendekatan saintifik berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: pendekatan saintifik, luas trapesium dan layang-layang Abstract: The purpose of this research was to analyze the influence of scientific approach toward learning outcomes in trapezoids and kites materials on grade V SDN 24 Pontianak Tenggara. The form of this research was a quasi experimental design with nonequivalent control group design. The sample of this research are VA as experiment class and VB as control class. The instrument that been used was essay test included 5 questions. The average learning outcomes of students in experiment class is 76,15, while the average learning outcomes of students in control class is 64,05. Based on the t-test with significance level ? = 5% was obtained  (2,476) > (1,685) that indicated there were differences between students that taught by using scientific approach with students that taught by using expository approach. The value of effect size is 0,53 with moderate category, it means scientific approach gave effect on students learning outcomes. Keywords: scientific approach, area of trapezoid and kites
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017