Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 7, No 9 (2018): September 2018

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

Widyawati, Widyawati (Unknown)
Astuti, Dwi (Unknown)
Ijudin, Romal (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2018

Abstract

AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir aljabar siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau berdasarkan kemampuan matematika di MTs Negeri 2 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dalam bentuk studi kasus. Subjek penelitian yaitu 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan non tes (wawancara). Secara umum dapat disimpulkan bahwakemampuan berpikir aljabar siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal cerita materi bangun ruang sisi datar ditinjau berdasarkan kemampuan matematika di MTs Negeri 2 Pontianak adalah siswa hanya mampu berada pada tahap indikator transformasi, tetapi siswa masih belum mampu menuliskan ekspresi (bentuk aljabar) dengan benar, belum mampu menuliskan model matematika dan dalam menyelesaikan masalah tidak menuliskan aturan yang digunakan serta tidak menulis kesimpulan. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Aljabar, Menyelesaikan Soal Cerita, Kemampuan Matematika.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...