Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XA SMAN 2 Sekayam Kabupaten Sanggau. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah post-test design. Subjek penelitian ini adalah kelas XA yang berjumlah 39 siswa dan kelas XB adalah 36 siswa. Hasil analisis data menunjukan peningkatan kemampuan membaca siswa kelas XA SMAN 2 Sekayam yang ditandai dengan peningkatan hasil rata-rata evaluasi yaitu sebelum diberi pelakuan sebesar 58,85%  setelah diberi perlakuan sebesar 78,46% dengan merapkan model pembelajaran SQ3R, sementara kelas XB  sebelum diberi perlakuan rata-rata kemampuan membacanya sebesar 57,36% setelah diberi pelakuan sebesar 72,50%.   Kata Kunci: Penerapan Model Pembelajaran SQ3R, Kemampuan Membaca  Abstract:This study aims to improve the reading skills of students on the subjects of economy class XA SMAN 2 Sekayam Sanggau . The method used is experiment with the design of the study is a post- test design . This research subject is class XA totaling 39 students and class XB is 36 students . The results of data analysis showed improved reading skills class XA SMAN 2 Sekayam characterized by an increase in average yield evaluation , namely before being granted by the commission of 58.85 % after being given treatment equal to 78.46 % by applying the learning SQ3R, while class XB before being treated average reading ability of 57,36%, after being treated for 72,50%. Keywords: Application of Learning Model SQ3R, reading skills
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016