Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 5, No 06 (2016): Juni 2016

POTENSI PENALARAN ADAPTIF MATEMATIS SISWA DALAM MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Deni Suhendra (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNTAN, Pontianak)
Sugiatno . (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNTAN, Pontianak)
Dede Suratman (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNTAN, Pontianak)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2016

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan potensi penalaran adaptif matematis siswa dikaji dari tingkat kemampuan matematikanya dalam materi persamaan garis lurus di kelas VIII SMP Negeri 18 Pontianak tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan penalaran adaptif matematis siswa sesuai dengan tingkat kemampuan matematikanya. Artinya, kemampuan penalaran adaptif matematis siswa dalam materi persamaan garis lurus yang tergolong dalam kelompok atas termasuk dalam kategori tinggi (61,67%), siswa yang tergolong dalam kelompok tengah termasuk dalam kategori sedang (50%), dan siswa yang tergolong dalam kelompok bawah termasuk dalam kategori rendah (38,33%). Kata Kunci: Potensi, Penalaran Adaptif, Kemampuan Matematika. Abstract: In general, the aim of this research is to describe the potential of adaptive mathematical reasoning of the students which studied from the math skills level of linear equation at grade eight of “SMP Negeri 18 Pontianak” in the Academic Year 2015/2016. The research method used was descriptive case study. The result showed that the potential of adaptive mathematical reasoning of the students suitable with the level of mathematical ability. That is, the adaptive mathematical reasoning skills students of linear equation who belong to the top level included in high category (61.67%), students who belong to the middle level included in the medium category (50%), and students who belong to below level included in low category (38.33%). Keywords: Potential, Adaptive Reasoning, Mathematics Ability.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...