Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 4, No 12 (2015): Desember 2015

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS I SDN

Sumarsih, . (Unknown)
., Kartono (Unknown)
., Sugiyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2015

Abstract

Abstrak : Masalah umum dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran tematik kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 13 Sungai Ambawang Kubu Raya. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran tematik kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 13 Sungai Ambawang Kubu Raya.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas, dan bersifat kolaboratif. Setting berlangsung di kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 13 Sungai Ambawang Kubu Raya, subyek penelitian siswa yang berjumlah 24 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi langsung dengan alat pengumpulan data yaitu lembar observasi. Teknik analis data yang digunakan yaitu menghitung rata-rata dan persentase.Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil menunjukkan bahwa (1) aktivitas visual dengan rata-rata persentase siklus I 56,25% dan siklus II 62,50% , (2) aktivitas menulis dengan rata-rata persentase siklus I 56,25% dan siklus II 62,50%  dan (3) aktivitas menggambar dengan rata-rata persentase siklus I 62,50% dan siklus II 64,58%   Kata Kunci : Peningkatan, Aktivitas Belajar, Pembelajaran Tematik Abstract : A common problem in this research is to increase students' learning activities using thematic learning model class 1 State Elementary School 13 River Ambawang Kubu Raya. The main objective of this research is to improve student learning activities using thematic learning model class 1 State Elementary School 13 Ambawang Kubu River Raya.Metode used is descriptive method with a form of action research, and collaborative. Setting takes place in class 1 State Elementary School 13 River Ambawang Kubu Raya, students study subjects totaling 24 people. Data collection tool used is the technique of direct observation by means of data collection, namely the observation sheet. Data analyst technique used is to calculate the average and this persentase.Penelitian done 2 cycles. Results showed that (1) visual activity with an average percentage of 56.25% the first cycle and the second cycle 62.50%, (2) the activity of writing with an average percentage of first cycle and the second cycle 56.25% 62.50% and (3) the activity of drawing with the average percentage of first cycle and cycle II 62.50% 64.58% Keywords: Improvement, Learning Activity, Learning Thematic

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...