Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 5, No 10 (2016): Oktober 2016

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMAINKAN REKORDER MELALUI PEMBELAJARAN KELOMPOK DI SMP

Akmaludin, Jetor (Unknown)
., Ismunandar (Unknown)
Fretisari, Imma (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2016

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah; (1) Pendeskripsian proses penerapan pembelajaran ansambel rekorder melalui pembelajaran kelompok pada siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Sintang, (2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam bermain musik ansambel bagi siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Sintang melalui tehnik bermain rekorder yang benar. Penelitian ini sendiri menggunakan pendekatan dengan metode deskriptif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang bersifat kualitatif. Penelitian tersebut  dilaksanakan dalam 2 siklus penelitian. Hasil yang diperoleh dalam pembelajaran kelompok pada setiap siklus menglami perubahan yang cukup memuaskan. Misalnya pada sistem penjarian, pernafasan, dan peniupan nada tinggi dan nada rendah pun cukup baik. Setiap indikator pada penelitian ini juga mengalami peningkatan yang signifikan misalnya untuk efektifitas pembelajaran kelompok yaitu 45,6% pada siklus 1 dan meningkat 36,4% pada siklus 2 menjadi 82%. Hal ini menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dari setiap siklus. Untuk indikator penerapan pembelajaran kelompok yaitu 43% pada siklus 1 meningkat menjadi 84% pada siklus 2, atau meningkat 41%. Peningkatan yang ditunjukkan juga mengalami peningkatan yang signifikan.   Kata Kunci: Hasil Belajar, Rekorder Sopran, Belajar Kelompok Abstract: The purpose of this study was: (1) To describe the use of applying ensemble recorder teaching through team work studying in classroom VII A Sintang 3rd P.JHS. (2) To describe the result in playing ensemble music for the students in classroom VII A Sintang 3rd P.JHS with the right technique. This study used descriptive method approach that form Classroom Action Research (CAR) and qualitative. The study conducted 3 cycles. Obtained scores in teamwork learning are increase in every cycle. Fingering system, breath, and the use of low tune and high tune are good. Each indicator in this study has signify increased, like the teamwork learning increasing 36,4% from 1st cycle and become 82% in 2nd cycle. Keywords: Studying result, Soprano Recorder, Teamwork Learning.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...