Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dengan pendekatan media balon yang digantung pada siswa kelas V SDN 34 Sengiang Gurung. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V (lima) SDN 34 Sengiang Gurung dengan jumlah 16 siswa terdiri dari 11 orang siswi dan 5 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data pada pelaksanaan tes awal  tingkat ketuntasan siswa hanya sebesar 25% (4 siswa), serta yang belum dapat meraih ketuntasan 75% (12 siswa). Kemudian pada hasil siklus I hasil belajar yang di peroleh 68,75% (11 siswa) dan siswa yang belum tuntas 31,5% (5 siswa). Sedangkan hasil belajar pada siklus II menunjukan hasil yang bagus yakni terjadi peningkatan sebesar 75%. Data ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar lompat  jauh gaya jongkok dengan pendekatan media balon yang digantung.   Kata Kunci: Lompat Jauh Gaya Jongkok, Media Balon Yang Digantung Abstract: This research aims to determine the level of learning outcomes of students in the learning process long jump squat style with media approach balloon hung in class V SDN 34 Sengiang Gurung. Forms of research is classroom action research. The subjects in this study were students of class V (five) SDN 34 Sengiang Gurung with the number of 16 students consisting of 11 women and 5 men. Based on the results obtained data on the implementation of the initial test student mastery level only by 25 % (4 students), and which has not been able to achieve mastery of 75% (12 students). Then on the results of the first cycle of learning outcomes are achieved 68.75 % (11 students) and students who have not completed 31.5 % (5 students). While the results of study on the second cycle showed a good result which is an increase of 75 %. This data shows an increase learning outcomes long jump squat style with balloons strung media approach. Keywords: Long Jump Squat Style, Media Balloon Hung
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016