Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran metode debat terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berkomunikasi siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA negeri 1 Segedong. Metode penelitian yang digunakan adalah metode experiment dengan bentuk penelitian quasi experiment dan rancangan percobaan yaitu nonequeivalent control group design. Jumlah populasi sebanyak 96 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar tes dan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data kuantitatif statsitik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran metode debat efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berkomunikasi siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Segedong dengan effect size 1,184 pada kemampuan berpikir kritis dan 1,664 pada kemampuan berkomunikasi dengan kriteria tinggi yaitu ES > 0,8.   Kata Kunci: Metode debat, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Berkomunikasi. Abstract: The purpose of the study is to know on the effectivity of teaching methods debate on critical thinking skills and communication skills of students on economic subjects in SMA Negeri 1 Segedong. The method of the study was experiment in form of quasi experiment and the simulation design was nonequeivalent control group design. Total population of 96 students. The sample of the study was 60 students. The tools of collecting data were test and observation sheet. The analysis data was done by doing descriptive statistic quantitative data analysis.  The result that the learning methods of debate effective in improving critical thinking skills and communication skills of the students on the subjects of Economics in SMAN 1 Segedong with effect size 1,184 on critical thinking skills and the ability to communicate with the 1,664 high criteria are ES> 0.8. Keywords: Methods Debate, Critical Thinking Skills, Communication Skills.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016