Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 4, No 9 (2015): SEPTEMBER 2015

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL DEBAT PADA SISWA KELAS VIII SMP

Marwati, Bugi (Unknown)
., Martono (Unknown)
Saman, Sisilya (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2015

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fakta bahwa pembelajaran berbicara dengan argumentasi yang tepat dan etika yang baik siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kembayan belum mencapai tujuan yang diharapkan. Penelitian menggunakan metode deskriptif, dengan pendekatan  penelitian kualitatif, dan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Sumber data diperoleh dari siswa dan guru serta pembelajaran itu sendiri. Data tersebut meliputi perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, aktivitas guru dan siswa, hasil pembelajaran berbicara siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, pengukuran, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data berupa lembar observasi, pedoman wawancara, pedoman penilaian, dan hasil penilaian. Setelah melalui tahapan-tahapan penelitian tersebut, hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, baik dalam hal perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, maupun hasil pembelajaran itu sendiri.   Kata Kunci: Kemampuan Berbicara, Metode Kooperatif,  Model Debat.   Abstract: This research is based on the facts that learning speaking by exact arguments and good attitude to the students of eighth grades SMP Negeri 4 Kembayan haven’t got the goal yet. The research uses descriptive method, a qualitative approach, and Classroom Action Research. The sources of data taken from teachers, students, and the learning process itself. The data are consist of planning, learning process, teachers’ and students’ activities, the result of students’ spoken. The technique of collecting data applied in this research is observation, interview, measurement, and documentation. The Instruments used in collecting data are observation sheets, interview guidance, scoring guidance, and the result of the search. After passing the steps of research, the result of research showed the arising both in planning of learning process and the result of learning itself.   Keywords: Spoken Ability, Cooperative Method, Debate Model.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...