Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Kristen Abdi Wacana Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 55 orang dengan bentuk penelitian populasi. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai t hitung sebesar 6,188 dan t tabel sebesar -2,006, ini menunjukan bahwa t hitung > t tabel (6,188 > 2,006) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dapat dilihat dari nilai koefisien determinasi, yaitu sebesar 0,419 yang berarti besarnya pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa sebesar 41,9% sedangkan sisanya 58,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Kristen Abdi Wacana Pontianak. Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Hasil Belajar Abstract: This research aims to determine the effect of family environment on learning outcomes of students of class XI IPS SMA Kristen Abdi Wacana Pontianak . The method used is descriptive method . These samples included 55 people with the study population . Based on the results obtained by t-test t calculate of 6.188 and t table amounted to -2.006 , this shows that t calculate > t table ( 6.188 > 2.006 ) so Ho refused and Ha is received. While the influence of independent variables on the dependent variable can be seen from the coefficient of determination , that is equal to 0.419, which means the influence of family environment on student learning outcomes by 41.9 % while the remaining 58.1 % is influenced by other variables not examined in this study. So it can be concluded that there is influence between family environment on student learning outcomes on economic subjects in class XI IPS SMA Kristen Abdi Wacana Pontianak Keyword: Family Environment, Learning Outcomes
Copyrights © 2015