Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 8, No 1 (2019): Januari 2019

CAMPUR KODE DAN ALIH KODE DALAM BERKOMUNIKASI DI SMAN 1 MENJALIN

Pidelis, Pidelis (Unknown)
Saman, Sisilya (Unknown)
Salem, Laurensius (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2019

Abstract

AbstarctCampur kode dan alih kode komunikasi di  SMAN 1 Menjalin ada dua macam, yaitu (1) berwujud alih bahasa, dan (2) alih tingkat tutur. Yang berwujud alih bahasa meliputi alih kode dari bahasa Dayak ke bahasa Indonesia dan alih kode dari bahasa Indonesia ke bahasa Dayak.  Campur kode dalam komunikasi di kopersasi SMAN 1 Menjalin. Ada dua bentuk campur kode,(1) campur kode intern dan (2) campur kode ekstern. Campur kode intern berwujud (1) kata,  (2) frasa, dan (3) perulangan kata. Sementara itu campur kode ekstern mencakup (1) bahasa Melayu, dan (2) bahasa Cina.  Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya alih kode dalam komunikasi di SMAN 1 Menjalin  ada delapan, faktor yaitu (1) kemarahan siswa1 terhadap siswa2, (2) kejengkelan pembeli terhadap siswa1, (3) mempunyai maksud tertentu, (4) menyesuaikan dengan kode yang dipakai siswa2, (5) ekspresi keterkejutan siswa2, (6) kehadiran calon siswa lain  ada saat tawar-menawar berlangsung, (7) bercanda pada pembeli, (8) basa-basi penjual pada pembeli. Ada dua faktor yang menyebabkan timbulnya campur kode, yaitu (1) identifikasi peran dan (2) identifikasi ragam.  Ada tiga fungsi alih kode dalam komunikasi di  SMAN 1 Menjalin, yaitu  (1)  alih kode tingkat tutur kasar, (2) alih kode tingkat halus, dan (3) alih kode tingkat sedang. Adapun fungsi campur kode ada dua, yaitu (1) untuk menjelaskan dan (2) untuk menghormati siswa. Kata Kunci: Campur Kode dan Alih Kode Dalam Berkomunikasi Di SMAN 1 Menjalin

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...