Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar seni musik melalui rancangan pembelajaran TANDUR pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Toho. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Berdasarkan pengamatan awal motivasi belajar siswa muncul sebesar 29,2 % dengan kategori rendah. Setelah diterapkannya rancangan pembelajaran TANDUR pada siklus I meningkat menjadi 44,7 % dengan kategori sedang, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 62,8 % dengan kategori tinggi dan pada siklus III meningkat menjadi 77,6 % dengan kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa rancangan pembelajaran TANDUR dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran seni musik. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Pembelajaran TANDUR Abstract: This research aims to increase the motivation to learn the art of music through learning design TANDUR students of class VII SMP Negeri 2 Toho. The method used in this research is descriptive method with this type of research is a classroom action research. This research was conducted three cycles. Based on initial observations of students' motivation appears at 29.2% with the low category. After the implementation of learning design TANDUR in the first cycle increased to 44.7% in the medium category, and then on the second cycle increased to 62.8% with a high category and the third cycle increased to 77.6% with the higher category. This shows that learning design TANDUR can be used to increase students' motivation in learning the art of music. Keywords : Learning Motivation, Learning TANDUR
Copyrights © 2016