Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada pembelajaran ekonomi kelas X MIA MAN 2 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan bentuk penelitian studi hubungan (interrelationship) dengan jumlah populasi 116 orang, maka ditentukan sampel berdasarkan rumus slovin berjumlah 54 siswa. Berdasarkan perhitungan SPSS 21 diperoleh nilai t hitung > t tabel (4,094 > 2.007) dan signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima, jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran make a mat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pembelajaran ekonomi kelas X MIA MAN 2 Pontianak. Dari persamaan regresi linear Y= 24,079+0,240X, yang artinya jika model pembelajaran make a match bernilai 0, maka prestasi belajar 24,079. Jadi, model pembelajaran make a-macth berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran ekonomi kelas X MIA MAN 2 Pontianak. Kata Kunci : Model Pembelajaran Make a Match Abstract : The purpose of this research is to know this student?s larning motivationat ekonomi lesson grade X MIA MAN 2 Pontianak. The method that we use in this research is descriptive quantitative method the form of the research is interrelationship study with the total population 116 person, so the sample according to Slovin formulation is bout 54 students. According to SPSS 21 calculation, we get that value t count > t table(4,094>2,007) and significance <0,05(0,000<0,05) this Ho is rejected and Ha is accepted. So we can conclude that the learning model make a matchinfluence to the students learning motivation at economy lesson grade X MIA MAN 2 Pontianak. From the similiary of linear regression Y= 24,079+0,240X, it means that if learning model make a match is 0, then the learning achievement 24,079. So, the model learning make a match influence to the students learning motivation at the economy lesson grade X MIA MAN 2 Pontianak. Keywords: Learning Model Make a Match
Copyrights © 2015