Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Madrasah Tsanawiyah di Tayan Hilir ditinjau dari kemampuan penalaran analogi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan bentuk penelitiannya studi kasus dengan subjek sebanyak 6 siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Tayan Hilir dengan tingkat kemampuan penalaran analogi yang berbeda. Hasil tes pemecahan masalah materi sistem persamaan linear menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kemampuan penalaran analogi tingkat atas dapat memenuhi semua indikator pemecahan masalah, siswa dengan kemampuan penalaran analogi tingkat menengah hanya dapat memenuhi sebagian indikator dan beberapa indikator pada langkah pemecahan masalah tidak terpenuhi, sedangkan siswa dengan kemampuan penalaran analogi tingkat bawah hampir semua indikator pada langkah pemecahan masalah matematika tidak terpenuhi. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Kemampuan Penalaran Analogi, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Abstract : This research aims to determine mathematics problem solving ability of students Madrasah Tsanawiyah in Tayan Hilir viewed from analogy reasoning capability. The research method that used is descriptive research and form of research is case study with the subjects were 6 students 8th grade of Madrasah Tranawiyah Tayan Hilir different of level analogy reasoning capability. The result of test problem solving in system of linear equations in two variables showed that the problem solving ability of students with analogy reasoning capability top level can meet all the indicators of problem solving, students with analogy reasoning capability middle level can only meet part of indicators, some indicators of the troubleshooting steps are not met, while students with analogy reasoning capability lower level almost all indicators in the troubleshooting steps are not fulfilled. Keywords: Mathematics Problem Solving Ability, Analogy Reasoning Capability, System of Linear Equations in Two Variables
Copyrights © 2016