Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 5, No 2 (2016): Februari 2016

REMEDIASI MISKONSEPSI PADA BAHASAN MASSA JENIS MELALUI WAWANCARA KLINIS MENGGUNAKAN TEKNIK DEMONSTRASI DI SMPIT

Prastiani, Rini Dwi (Unknown)
Sutrisno, Leo (Unknown)
TMS, Haratua (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2016

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan wawancara klinis untuk meremediasi miskonsepsi siswa kelas VII SMPIT Al-Mumtaz Pontianak tentang massa jenis. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Pre-Experimental Design, dengan rancangan percobaan One Group Pretest-Postest. Sepuluh orang siswa yang terdiri atas 5 orang yang memiliki miskonsepsi paling banyak dan 5 orang yang memiliki miskonsepsi paling sedikit dipilih untuk mengikuti program remediasi. Tes diagnostik pilihan ganda dengan tiga alternatif jawaban digunakan untuk mengetahui jumlah miskonsepsi mereka baik sebelum maupun setelah remediasi. Ditemukan bahwa rata-rata persentase penurunan miskonsepsi tiap siswa sebesar 75,18% dan rata-rata penurunan jumlah siswa yang miskonsepsi tiap konsep sebesar 52%. Uji Tanda (Sign Test) menunjukkan signifikansi (p = 0,001) dari program ini dengan effect size sebesar 0,0001.   Kata kunci: Remediasi, Wawancara Klinis, Effect Size. Abstract: This study was conducted to find out the effectivity of clinical interview implementation to remediate the misconceptions about the density at 7th grade students SMPIT Al-Mumtaz Pontianak. Through One Group Pretest-Posttest  design of the Pre-Experimental research. Ten students consist of the first five top and the first five below of the diagnostic test results were choosen to participate this study. A set of three options multiple choice test was administered at before and after the experiment. The average misconceptions reductions was 75.18%, the sign test indicates significantly (p = 0.001) with effect size 0.0001. Keyword : Remediation, Clinical Interview, Effect Size

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...