Abstrak: Penelitian    ini   bertujuan   untuk   mengetahui penyebab kesulitan belajar siswa pada materi posting ke buku besar kelas X SMK Pembangunan Rasau Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah 17 orang siswa. Hasil penelitan menunjukan bahwa yang menjadi penyebab kesulitan belajar siswa adalah terletak pada faktor internal. Faktor internal yang menyebabkan terdiri dari sikap yang ditunjukan siswa ketika belajar masih kurang baik, motivasi belajar yang rendah, konsentrasi belajar siswa yeng terganggu, tidak adanya rasa percaya diri siswa dalam belajar, kebiasaan belajar siswa kurang baik dan tidak teratur. Upaya-upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa adalah dengan menggunakan metode mengajar yang bervariasi, memberikan bimbingan khusus, penugasan, memberikan motivasi serta pendalaman terhadap siswa dengan model pendekatan interaksi antara guru dan siswa, kemudian memberikan kesempatan siswa untuk belajar kelompok, agar siswa lebih aktif dalam berfikir dan rajin dalam latihan memposting ke buku besar. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Buku Besar, Akuntansi Abstract: This study aims to determine the causes of learning difficulties students on the material posting to the general ledger class X SMK Pembangunan Rasau Jaya. The method used in this study is a qualitative research approach. The data source of this research is 17 students. Research results show that the cause of learning difficulties students are located on internal factors. Internal factors which led to the attitude shown comprised of students when learning is still not good, low learning motivation, concentration impaired student learning, lack of self-confidence of students in learning, students are less good study habits and irregular. The efforts made by teachers to address students' learning difficulties is to use teaching methods are varied, giving specific guidance, assignments, provide motivation and the deepening of the students with a model approach to the interaction between teachers and students, then give students the opportunity to learn the group, in order to students are more active in thinking and diligent in the exercise posting to the general ledger. Keywords: Learning Difficulties, Ledger, Accounting
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016