Abstrak Metode yang digunakan adalah metode deskriftif dalam bentuk studi hubungan (Interrelationship Studies). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) yang diketahui melalui perhitungan dengan menggunakan rumus persamaan regresi linier sederhana Y= a+bX maka ditunjukkan dalam persamaan Y = 34,768+0,598X artinya nilai konstanta adalah 34,768 yaitu jika pemanfaatan situs blog (X) bernilai 0 (nol), maka hasil belajar (Y) bernilai 34,768. Nilai koefisien regresi variabel pemanfaatan situs blog (X) yaitu 0,598. Ini berarti bahwa setiap peningkatan pemanfaatan situs blog (X) sebesar 1, maka hasil belajar (Y) akan meningkat sebesar 0,598. dan uji hipotesis uji t hitung > t tabel, Karena nilai t hitung > t tabel 4.371 > 2,002, maka H0 ditolak dan Ha diterima atau ?terdapat pengaruh pemanfaatan situs blog internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi?. Kata Kunci : Situs blog Internet, Sumber Belajar. Abstract: The method used is descriptive method in the form of association studies (Interrelationship Studies). The results showed that there is influence between independent variable (X) on the dependent variable (Y) is known through calculation by using simple linear regression equation Y = a + bX then shown in equation Y = 34.768 + 0,598X means that the value of the constant is 34.768 if the use of the blog site (X) is 0 (zero), then the learning outcomes (Y) worth 34.768. Variable regression coefficient values utilization blog site (X) is 0.598. This means that any increase in the use of the blog site (X) of 1, then the learning outcomes (Y) will increase by 0.598. test and test hypotheses t> t table, Because t count> t table 4,371> 2,002, then H0 is rejected and Ha accepted or "there is the influence of the use of the Internet blog site as a source of learning on student learning outcomes on economic subjects". Keyword: Internet blog sites, Learning Resources.
Copyrights © 2015