Publikasi Pendidikan
Vol 9, No 1 (2019)

Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar

Bahrudi Efendi Damanik (AMIK TUNAS BANGSA)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar, pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar, dan pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 81 orang. Metode yang digunakan adalah metode sampling jenuh yaitu teknik pengumpulan data melalui wawancara, survei dan penyebaran kuesioner kepada responden. Data yang telah didistribusikan kemudian diproses menggunakan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji F dan koefisien determinan. Hasil analisis menunjukkan bahwa fasilitas pembelajaran parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, t hitung> ttabel (2,390> 1,991), lingkungan belajar parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, t hitung> ttabel (4,229> 1,991). , dan hasil penelitian dan lingkungan belajar secara bersamaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, Fhitung> Ftabel (25,872> 2,720).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...