Tujuan penelitian ini untuk : 1) Mendeskripsikan penerapan metode debat aktif dalam proses pembelajaran. 2) Meningkatkan kemampuan berdiskusi mahasiswa dalam pembelajaran konsep dasar PKn melalui penerapan metode debat aktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa D 24 B di PGSD UPP Bone FIP UNM yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Penerapan metode debat aktif dalam pembelajaran konsep dasar PKn mendorong mahasiswa lebih aktif dalam diskusi karena setiap mahasiswa diberi kesempatan untuk berbicara dan berargumen. 2) penerapan metode debat aktif dapat meningkatkan kemampuan diskusi mahasiswa dalam pembelajaran Konsep Dasar PKn, pada siklus I yaitu 63,09% (19 mahasiswa) aktif dengan kategori sedang, pada siklus II meningkat menjadi 89,97% (27 Mahasiswa) aktif dalam kategori tinggi.
Copyrights © 2016