Publikasi Pendidikan
Vol 9, No 3 (2019)

Pengaruh Penggunaan Teknik Token Economy Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SD Di Kecamatan Tamalate Kota Makassar

Bahar Bahar (Universitas Sawerigading Makassar)
Muh Rusli (Universitas Sawerigading Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penggunaan Teknik Token Economy terhadap motivasi belajar siswa serta untuk mengetahui pengaruh penggunaan Teknik Token Economy terhadap motivasi belajar siswa SD di Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan kuantitatif Jenis penelitian True-Experimental Design. Desain penelitian adalah Desain Matching Pretest-Posttest Control Group Design. penelitian sampel acak (Therandomized pretest-posttest control grouf design. Populasi adalah keseluruhan siswa SD Di Kecamatan Tamalate Kota Makassar berjumlah 46 Sekolah Dasar sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Maccini Sombala Kota Makassar. Hasil pengukuran motivasi belajar siswa menggunakan angket sebelum dan setelah pembelajaran dengan menerapkan Teknik Token Economy menunjukkan perbedaan yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan Teknik Token Economy memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika kelas IV SD Inpres Maccini Sombala Kota Makassar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...