Indonesian Journal of Educational Studies
Vol 19, No 1 (2016)

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERHITUNG ANAK USIA TAMAN KANAK-KANAK MELALUI DEMONSTRASI DENGAN MEDIA GAMBAR

Musi, Muhammad Akil (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2016

Abstract

Peningkatan Keterampilan Berhitung Anak Usia Taman Kanak-kanak Melalui Demonstrasi dengan Media Gambar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menghitung anak usia taman kanak-kanak melalui melalui demonstrasi dengan menggunakan media gambar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah murid TK Teratai UNM. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) observasi, (2) wawancara, (3) studi dokumentasi, dan (4) catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif yang dilakukan melalui tiga tahapan mulai dari reduksi data, beberan (display) data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada keterampilan berhitung anak TK Teratai UNM setelah diterapkannya metode demonstrasi dengan media manipulatif. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan anak dalam penjumlahan dan pengurangan.Kata kunci: keterampilan berhitung, metode demonstrasi dan media manipulatif

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Insani

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Nursing Social Sciences

Description

IJES is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about education written by researchers, academicians, professional, and practitioners from all over the world. IJES publishes any research- based articles on and about education i.e. articles ...