Jurnal Nalar Pendidikan
Vol 2, No 1 (2014): JURNAL NALAR PENDIDIKAN

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII4 SMP NEGERI 1 MAKASSAR

Armansyah, Armansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2016

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model Cooperative script terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas VIII SLTP Negeri 1 Makassar. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian eksperimen, populasi penelitian ialah seluruh siswa kelas VIII SMP tersebut yang berjumlah 320 orang dengan sampel 80 orang siswa yaitu 40 siswa kelompok kontrol yang diterapkan pada kelas VIII5 dan 40 siswa di kelompok eksperimen yang diterapkan pada kelas VIII4. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran tipe cooperative script terhadap hasil belajar siswa kelas VIII4. kelompok kontrol mencapai kategori rendah dan hasil belajar siswa kelompok eksperimen mencapai nilai rata-rata kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran cooperative script memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa.Kata kunci: Cooperative Script, Model Pembelajaran, Hasil Belajar.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini ...