Jurnal Nalar Pendidikan
Vol 6, No 2 (2018): JURNAL NALAR PENDIDIKAN

PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI SDN 116 ENREKANG MELALUI METODE DEBAT

Hawa, Hawa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penggunaan metode debat dalam peningkatan hasil belajar berbicara pada   Kelas VI di SDN 116 Enrekang., (2) mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran berbicara dengan menggunakan metode debat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Action Research) yang dilaksanakan di SDN 116 Enrekang pada siswa Kelas VI, yang berjumlah 26 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua kali tindakan (siklus). Setiap tindakan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui tes unjuk kerja dan uji kompetensi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat  dan observasi. Hasil Penelitian terbukti signifikan (1) penggunaan metode debat secara efektif telah mengalami peningkatan hasil belajar berbicara siswa kelas VI SDN 116 Enrekang. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan dengan perolehan belajar secara individu rata-rata  80,18 dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 82,92 %  dan  (2) Aktivitas siswa selama pembelajaran tampak lebih efektif sejak dari tindakan I hingga tindakan II, dimana rata-rata waktu aktif siswa sebesar 74,16 %, hal ini berarti bahwa siswa belajar dengan penuh antusias, sementara waktu yang tidak efektif hanya sebesar 25,83 % atau peningkatan keaktifan siswa dari siklus I dan siklus II sebesar 48,66 %. Secara umum motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dengan berbagai hal yang menarik dan menantang siswa untuk melakukan kegiatan secara aktif. Kata Kunci: Metode Debat, Hasil Belajar, Aktifitas Siswa

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini ...