Penelitian ini menghasilkan sebuah modul berdasarkan kurikulum 2013 yang layak digunakan untuk matapelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO) pada kompetensi pelajaran menggunakan alat ukur(measuring tools) di kelas X, kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR), SMK Negeri 3 Surabaya.Dalam mengembangkan modul diperlukan prosedur tertentu yang sesuai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai,yaitu dengan adanya peningkatan serta keseimbangan soft skills dan hard skills yang meliputi aspek kompetensisikap, keterampilan dan pengetahuan. Penelitian ini merupakan pengembangan modul, metode yang digunakanDick and Carrey dengan analisis deskriptif kuantitatif. dilakukan di kelas X, Pada kompetensi keahlian TeknikKendaraan Ringan (TKR), SMK Negeri 3 Surabaya. Dalam penelitian ini yang bertindak sebagai respondenadalah 2 dosen ahli desain, 2 dosen ahli isi, 2 dosen ahli bahasa di Universitas Negeri Surabaya dan 15 siswakelas X yang telah menempuh sub-kompetensi menggunakan alat ukur jangka sorong dan avometer. Instrumenpenelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi: lembar validasi dosen ahli (desain, isi danbahasa), lembar angket respon guru, lembar angket respon siswa dan lembar observasi. Analisis data dilakukanuntuk mengetahui tingkat kelayakan, respon siswa, respon guru, dan kompetensi guru ketika melakukanpembelajaran menggunakan alat ukur jangka sorong dan avometer yang sesuai dengan implementasi kurikulum2013. Pengembangan modul ini dikatakan layak, mengacu penilaian kelayakan dari para ahli, ahli bahasamendapat 84%, isi 62,81% dan desain 75,55%. Juga dari respon positif guru sebesar 86,39%. Respon positifsiswa sebesar 75,33% hal-hal tersebut mendukung kualitas guru yang mendapat nilai sebesar 92,36 dari hasilpengamatan saat melakukan pembelajaran penggunaan alat ukur. Di jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR)SMK Negeri 3 Surabaya.
Copyrights © 2015