Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil pengamatan peneliti, bahwa guru menggunakan model pembelajarankonvensional dalam menyampaikan materi sehingga pembelajaran bersifat satu arah. Maka perlu dikembangkan modelpembelajaran lain yang dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari penelitian iniadalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa, respon siswa, hasil belajar siswa dan mendiskripsikanhambatan yang terjadi selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) . TPSdidesain untuk meningkatkan rasa tanggungjawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan orang lain.Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pre experimental design dengan menggunakan desain “onegrouppretest-posttest design” yaitu dengan membandingkan keadaan sebelum diberi perlakuan dengan keadaan setelahdiberi perlakuan. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TPm 1 SMK Negeri 3 Jombang dengan jumlah35 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi: lembar observasi aktivitas siswa,soal pre-test dan post-test, dan lembar angket respon siswa. Metode analisis data yang digunakan dalam pembahasan hasilpenelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Metode deskriptif kuantitatif adalah suatu metode yangmendeskripsikan data-data angka yang diperoleh selama penelitian.Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan besar persentase ketuntasan kelas dari hasil pre-test adalah 31% dan meningkatmenjadi 100% dari hasil post-test. Kenaikan hasil belajar dari pre-test ke post-test dikarenakan penerapan modelpembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran alat ukur yang dilaksanakan dengan baik dan berjalandengan lancar. Aktivitas siswa dari hasil observasi menunjukkan persentase sebesar 78% pada pertemuan 1 dan meningkatmenjadi 84,64% pada pertemuan 2. Peningkatan aktivitas siswa terjadi karena dalam kegiatan belajar mengajar siswadituntut untuk aktif dalam bekerja kelompok dan bertanggung jawab terhadap pembelajarannya sendiri dan orang lain.Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share mendapat respon sangat baik oleh siswa, hal ini ditunjukkan denganpersentase sebesar 81,56%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think PairShare dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran alat ukur secara signifikan.Kata kunci: model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS), alat ukur, aktivitas belajar.
Copyrights © 2015