Inovasi Pendidikan Fisika
Vol 7, No 2 (2018)

BUKU AJAR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

JANNAH, MIFTAHUL (Unknown)
, WASIS (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan buku ajar berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran dan kontribusinya terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre eksperimental dengan rancangan penelitian one group pre-test post-test design. Penelitian ini menggunakan satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi yang terdistribusi normal dan homogen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis keterlaksanaan pembelajaran serta analisis penilaian hasil tes menggunakan uji-t berpasangan dan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan buku ajar berbasis CTL dalam pembelajaran Fisika terlaksana sangat baik dengan rata-rata skor kelas eksperimen, kelas replikasi I, dan kelas replikasi II secara berurutan adalah 92,39%, 93,48% dan 92,93%. Hasil belajar peserta didik pada aspek pengetahuan mengalami peningkatan yang signifikan dengan kategori sedang, sedangkan pada aspek keterampilan semua peserta didik mencapai ketuntasan, Berdasarkan hasil-hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan buku ajar berbasis CTL memberikan kontribusi pada peningkatan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: buku ajar, contextual teaching and learning, hasil belajar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

inovasi-pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi Fisika Indonesia(IFI) merupakan jurnal peer-reviewed, ISSN: 2302-4313, yang dikelola dan diterbitkan oleh Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Jurnal ini tersedia gratis untuk seluruh pembaca dan mencakup ...