Inovasi Pendidikan Fisika
Vol 7, No 3 (2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERTANYA PESERTA DIDIK

AYU WARDANI, DELFI (Unknown)
, SULIYANAH (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode Giving Question and Getting Answer untuk melatihkan keterampilan bertanya peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah true eksperimental dengan desain Control Group Pretest-Posttest. Penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih melalui purposive sample. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode Giving Question and Getting Answer terlaksana dengan baik, (2) hasil keterampilan bertanya peserta didik pada kelas eksperimen memiliki kriteria sedang, (3) hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, (4) respon peserta didik terhadap model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode Giving Question and Getting Answer menujukkan respon positif dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode Giving Question and Getting Answer dapat melatihkan keterampilan bertanya peserta didik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

inovasi-pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi Fisika Indonesia(IFI) merupakan jurnal peer-reviewed, ISSN: 2302-4313, yang dikelola dan diterbitkan oleh Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Jurnal ini tersedia gratis untuk seluruh pembaca dan mencakup ...