Inovasi Pendidikan Fisika
Vol 8, No 2 (2019)

KETERKAITAN SELF-EFFICACY DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI GAS IDEAL DAN TEORI KINETIK GAS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

GARINA DEWAYANI, ASTRID (Unknown)
SUPRAPTO, NADI (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2019

Abstract

Tujuan penlitian ini adalah untuk mengetahui keterkaitan self-efficacy dengan hasil belajar peserta didik. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Sooko Mojokerto dengan menggunakan subjek penelitian yang berjumlah 72 peserta siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah lembar angket self-efficacy dan lembar penilaian peserta didik. Data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan uji korelasi, uji regresi sederhana dan n-gain score. .Hasil data analisis diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara self-efficacy dengan hasil belajar peserta didik, semakin tinggi self-efficacy siswa maka hasil belajar siswa juga semakin tinggi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

inovasi-pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi Fisika Indonesia(IFI) merupakan jurnal peer-reviewed, ISSN: 2302-4313, yang dikelola dan diterbitkan oleh Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Jurnal ini tersedia gratis untuk seluruh pembaca dan mencakup ...