Inovasi Pendidikan Fisika
Vol 8, No 2 (2019)

VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING PADA MATERI GERAK LURUS DI SMA NEGERI 1 DRIYOREJO

WATIKA, LISNA (Unknown)
, SULIYANAH (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis collaborative learning yang layak secara teoritis berdasarkan validitasnya guna melatihkan keterampilan proses sains pada materi gerak lurus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode telaah dan metode validasi yang dilakukan oleh 2 dosen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai persentase dari syarat didaktik sebesar 78,90%, syarat konstruksi sebesar 80,90% dan pada syarat teknis sebesar 77,70%. Rata-rata kevalidan LKPD berbasis collaborative learning menunjukkan persentase sebesar 79,2% yang termasuk dalam kategori valid. Menurut Riduwan (2015), berdasarkan kriteria interpretasi skor validasi LKPD yang dikembangkan dapat dikatakan valid apabila memperoleh persentase 61%. Dengan demikian LKPD yang dikembangkan dapat dikatakan valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : LKPD, Collaborative Learning, Gerak Lurus.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

inovasi-pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi Fisika Indonesia(IFI) merupakan jurnal peer-reviewed, ISSN: 2302-4313, yang dikelola dan diterbitkan oleh Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Jurnal ini tersedia gratis untuk seluruh pembaca dan mencakup ...