Inovasi Pendidikan Fisika
Vol 8, No 2 (2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK SMA

HANIFAH, NUR (Unknown)
ADMOKO, SETYO (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2019

Abstract

Argumentasi ilmiah adalah sebuah usaha untuk memvalidasi ataupun menolak sebuah gagasan yang didasarkan pada sebuah alasan ilmiah yang mencermikan perilaku para ilmuwan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik SMA setelah diterapkan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian gabungan dengan desain Explanatory sequential. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran ADI mampu melatihkan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik. Hal ini ditunjukkan oleh adanya peningkkatan level argumentasi ilmiah yang mampu dicapai oleh peserta didik, yakni rata-rata pada pre-test level argumentasi ilmiah peserta didik berada pada level 1 dan 2 sedangkan pada post-test level argumentasi ilmiah peserta didik mampu mencapai level 3 dan 4. Hal ini didukung oleh hasil analisis kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik secara lisan. Kata kunci : Argumentasi ilmiah, Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI), Hukum Newton tentang Gerak

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

inovasi-pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi Fisika Indonesia(IFI) merupakan jurnal peer-reviewed, ISSN: 2302-4313, yang dikelola dan diterbitkan oleh Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Jurnal ini tersedia gratis untuk seluruh pembaca dan mencakup ...