Inovasi Pendidikan Fisika
Vol 8, No 2 (2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI KELAS TIPE BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS X MIA MATERI USAHA DAN ENERGI

ZAHRATUL HIKMAH, NAILA (Unknown)
SUPRAPTO, NADI (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2019

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan pembelajaran diskusi kelas tipe buzz group pada materi Usaha dan Energi di SMA Negeri 1 Gedangan, mendeskripsikan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik setelah diberikan pembelajaran diskusi kelas tipe buzz group pada materi Usaha dan Energi di SMA Negeri 1 Gedangan, dan mendeskripsikan respon peserta didik setelah diterapkan pembelajaran diskusi kelas tipe buzz group untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah pada materi Usaha dan Energi di SMA Negeri 1 Gedangan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian pre-experimental dan desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest design, dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 93 peserta didik kelas X MIA di SMA Negeri 1 Gedangan. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran diskusi kelas tipe buzz group untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah pada materi Usaha dan Energi dengan persentase sebesar 91,7% dengan kategori sangat baik. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan tes argumentasi ilmiah secara lisan, dan lembar soal pre-test dan post-test, dan angket respon peserta didik. Berdasarkan model Toulmin?s Argumen Pattern (TAP) yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif, diperoleh data pada saat posttest sebesar 2,1% peserta didik berada pada level 2, sebesar 65,6% pada level 3 dan sebesar 32,3% berada pada level 4. Pada saat pretest 100% peserta didik berada pada level 1. Dengan demikian terjadi peningkatan level argumentasi secara tertulis pada ketiga kelas. Analisis data menggunakan uji-t berpasangan dan perhitungan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran diskusi kelas tipe buzz group pada materi Usaha dan Energi dapat meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik di ketiga kelas tersebut secara signifikan pada ?=5%, dengan nilai rata-rata n-gain sebesar 0,7 berkategori tinggi.Kataikunci: Diskusi kelas, Buzz group, dan Kemampuan Argumentasi Ilmiah

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

inovasi-pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi Fisika Indonesia(IFI) merupakan jurnal peer-reviewed, ISSN: 2302-4313, yang dikelola dan diterbitkan oleh Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Jurnal ini tersedia gratis untuk seluruh pembaca dan mencakup ...