PAUD Teratai
Vol 5, No 2 (2016): Volume 5 No. 2 Edisi Yudisium Juni 2016

PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK KELOMPOK B

HARIWATI, (Unknown)
Khotimah, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2016

Abstract

Abstrak Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan sosial emosional pada anak kelompok B TK Bhudi Dharma  Surabaya tahun pelajaran 2015-2016 melalui penggunaan  metode   bermain   peran. Subyek yang digunakan adalah anak didik kelompok B di TK Bhudi Dharma Surabaya yang jumlahnya 20 anak yang terdiri dan 9 laki – laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dengan jenis observasi participant observation. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian rata-rata kemampuan sosial emosional pada anak kelompok B TK Bhudi Dharma pada siklus 1 pertemuan 2 mencapai 73% dan meningkat menjadi 83% pada siklus ke II pertemuan 2. Berdasarkan hasil penelitian di atas disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional pada anak kelompok B TK Budhi Dharma Surabaya. Kata Kunci : Metode bermain peran, kemampuan sosial emosional   Abstract This research is a classroom action research which aims to improve the emotional social abilities in early childhood in kindergarten Bhudi Dharma Surabaya 2015-2016 academic year through learning by using methods play a role. The subjects used were B group of students in kindergarten Bhudi Dharma Surabaya numbering 20 children consisting of 9 men and il women. The results can be inferred using role play can enhance the emotional social abilities in children inthe first cycle at 73% he second meeting. And increased to 83% in the second cycle to the second meeting. Keywords: Methods play a role, emotional social abilities

Copyrights © 2016