PAUD Teratai
Vol 5, No 2 (2016): Volume 5 No. 2 Edisi Yudisium Juni 2016

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK BERMEDIA UNO STACKO TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK KELOMPOK A

GUSTIASIH, FESTIN (Unknown)
Widajati, Wiwik (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2016

Abstract

Abstrak Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran konstruktivistik bermedia uno stacko terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A di TK Dharma Wanita Kembang Ringgit Pungging Mojokerto. Sampel dalam penelitian ini adalah semua anak kelompok A dengan jumlah sebanyak 15 anak, yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Selain itu, pada teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi serta alat penilaian berupa lembar observasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dalam penelitian ini analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik nonparametrik dengan menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon (Wilcoxon match pairs test), hasil yang diperoleh adalah Thitung < Ttabel = 0 < 25 dengan taraf signifikan 5%.  Maka hal tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran konstruktivistik bermedia uno stacko terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Kembang Ringgit Pungging Mojokerto. Kata kunci: Model pembelajaran konstruktivistik, uno stacko, lambang bilangan.   Abstract This quantitative research was conducted at TK “Dharma Wanita” Kembang Ringgit Pungging Mojokerto to children in group A. Background of this research is  the less ability of children in recognizing symbols needs to improve  by means of implementation of teacher centered learning. Aim of this research is to prove that constructive learning model influences ability of the children of group A TK “Dharma Wanita” Kembang Ringgit Pungging Mojokerto in recognizing symbol of numbers. This research uses quantitative research approach with pre experimental design and one group pre test design. The sample in this research is all children group A of 15 childrens, which consisted of 9 boys and 6 girls. Data was collected using observation and documentation technique and observation sheet as an instrument of scoring.  Based on results of the research, Tcalculated < Ttable = 0 < 25 with significance level 5%, the results using data analysis techniques such as levels marked Wilcoxon test (Wilcoxon match pairs test). Then it can be concluded is proves that constructive learning model has influence to ability of recognizing symbol of numbers on the children of Group A TK “Dharma Wanita” Kembang Ringgit Pungging Mojokerto. Keywords: Constructive learning model, uno stacko, symbol of numbers.

Copyrights © 2016