PAUD Teratai
Vol 5, No 2 (2016): Volume 5 No. 2 Edisi Yudisium Juni 2016

PENGARUH MEDIA PAPAN ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK KELOMPOK A

ISTIKHAROH, FATIKATUL (Unknown)
Mahmudah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2016

Abstract

Abstrak Penelitian kuantitatif ini untuk mengetahui dan menganalisis apakah media papan angka  dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A di TK Jenderal Sudirman Surabaya. Subyek penelitian berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji paired sample t-test independen dengan taraf signfikasi α = 5% (0,05). Berdasarkan hasil penelitian dengan uji paired sample t-test independen, dapat diketahui bahwa nilai sig. (0,000) < 0,05 maka pengambilan keputusannya yaitu: Ho ditolak sehingga dapat dinyatakan bahwa media papan angka berpengaruh terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A di TK Jenderal Sudirman Surabaya. Kata kunci: Media papan angka, Kemampuan mengenal lambang bilangan   Abstract This quantitative research is to know and analyze  whether the influence of papan angka  media toward Jenderal Sudirman kindergarten group A students’ numbers-labeling ability.. Subject of this research is 18 students. Data collecting technique  is using observation and documentation. Data analysis technique  is using paired sample t-test independen with significance level α = 5% (0.05). Based on result of the research using paired sample t-test independen, it is known that sig. value (0,000) < 0,05 so the decision is Ho is rejected, then it can be stated that the application of papan angka media influences the students’ ability positively of the students of group B at TK Jenderal Sudirman Surabaya. Keywords: Papan angka media, Numbers-labeling ability

Copyrights © 2016