Abstrak Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan ketrampilan berbicara bahasa ibu melalui metode bernyanyi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A di TK 17 Agustus Gedeg Mojokerto dengan jumlah 9 anak terdiri dari 5 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh teman sejawat dan dokumentasi yang berupa foto kegiatan anak dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan ketrampilan berbicara bahasa ibu melalui metode bernyanyi sebesar 28% berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II. Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan ketrampilan berbicara bahasa ibu pada anak kelompok A di TK 17 Agustus Gedeg Mojokerto. Kata Kunci : Ketrampilan berbicara, Metode bernyanyi Abstract This classroom action research aims to improve skills of speaking the mother tongue through the singing. The subjects were a group of children in kindergarten August 17 Gedeg Mojokerto with the number 9 children consists of 5 boys and 4 girls. Data collection techniques used in this study was the observation made by peers and documentation activities in the form of photos of children in the learning process. Data analysis techniques in this study using qualitative descriptive analysis. The results showed an increased ability to speak their mother tongue skills through the singing of 28% based on the evaluation of the results of the first cycle and the second cycle. From the above description, it can be concluded that the singing can improve speaking skills in the mother tongue A group of children in kindergarten August 17 Gedeg Mojokerto. Keywords: Strong speaking, singing Methods
Copyrights © 2016