Abstrak Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengenalan huruf hija?iyah melalui permainan kartu huruf. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di TK Tarbiyatush Shibyan Mojokerto dengan jumlah 19 anak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi yang dilakukan oleh teman sejawat dan dokumentasi yang berupa foto kegiatan anak dalam proses pembelajaran . Penelitian menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif yaitu data yang berupa informasi yang berbentuk kalimat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pengenalan huruf hija?iyah melalui permainan kartu huruf sebesar 49% berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II. Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa permainan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan pengenalan huruf hija?iyah di TK Tarbiyatush Shibyan Gayaman Mojoanyar Mojokerto. Kata Kunci : Kartu Huruf, Mengenal huruf hija?iyah Abstract This classroom action research aims to improve the ability letter recognition through card games letter hija?iyah. The Subject of this study is A group in TK Tarbiyatush Shibyan Mojokerto, with the number of children are 19 children consisted of 7 boys and 12 girls. Data collection technique that used in this study was the observation which made by peers and documentation activities in the form of photos of children in the learning process. The study uses statistical data analysis descriptive data in the form of information to form a sentence. The results of the study showed an increased ability to recognize through card games letter hij?iyah with percentage 49% based on the evaluation of the result of the cycle I and the cycle II. According to the description above, it can be concluded that the letter card games can improve letter recognition hija'iyah in kindergarden Tarbiyatush Shibyan Gayaman Mojoanyar Mojokerto. Keywords : Letter cards , letters know Hija'iyah
Copyrights © 2016