PAUD Teratai
Vol 5, No 3 (2016): Volume 5 No. 3 Edisi Yudisium September 2016

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI PERMAINAN BALON PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN

FATMAWATI, RIRIN (Unknown)
Widayati, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2016

Abstract

Abstrak Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna melalui permainan balon. Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun  di KB Permata Bunda Cembor Mojokerto dengan jumlah 9 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh teman sejawat dan dokumentasi yang berupa foto kegiatan anak dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan adanya  peningkatan kemampuan mengenal warna melalui permainan balon  sebesar 41,6% berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II. Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa permainan balon dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak anak usia 3-4 tahun  di KB Permata Bunda Cembor Mojokerto. Kata Kunci : Mengenal warna, Permainan Balon.   Abstract This classroom action research aims to improve the ability to know the color of the balloon through the game. Subjects were children aged 3-4 years in KB Permata Bunda Cembor Mojokerto with the number 9 children. Data collection techniques used in this study was the observation made by peers and documentation activities in the form of photos of children in the learning process. Data analysis techniques in this study using descriptive statistical analysis. The results showed an increased ability to recognize colors through games balloons of 41.6% based on the evaluation of the results of the first cycle and the second cycle. From the above description, it can be concluded that the balloon games can improve cognitive ability of color in children aged 3-4 years in KB Permata Bunda Cembor Mojokerto. Keywords: Getting to know the color, Balloon Games.

Copyrights © 2016