PAUD Teratai
Vol 5, No 3 (2016): Volume 5 No. 3 Edisi Yudisium September 2016

PENGARUH MEDIA GELAS ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL LAMBANG BILANGAN KELOMPOK A

SHOLIHAH, ZUMROTUS (Unknown)
Rianto, Edy (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2016

Abstract

Abstrak Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gelas angka terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan kelompok A1 di TK Muslimat NU 82 Sambisari Sidoarjo. Sampel penelitian berjumlah 25 anak kelompok A1 di TK Muslimat NU 82 Sambisari Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan alat penilaian berupa lembar observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus Wilcoxon Match Pairs Test dengan Thitung<Ttabel. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji wilcoxon dapat diketahui bahwa Thitung<Ttabel (0<89) dengan taraf signifikan 5%. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Jadi, apabila Thitung<Ttabel maka Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa media gelas angka berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan Kelompok A di TK Muslimat NU 82 Sambisari Sidoarjo. Kata Kunci: Media Gelas Angka, Kemampuan mengenal lambang bilangan.  Abstract This quantitative research was Aim of this research is determine the effect of media on the ability to know the figures glass of numbers group A1 at Tk Muslimat NU 82 Sambisari Sidoarjo . The subjects included twenty-five children in group A1 at TK Muslimat NU 82 sambisari sidoarjo. Data collection techniques using observational methods with assessment tools such as observation sheets and documentation methods. Data were analyzed using the Wilcoxon Match Pairs Test is used as data analysis technique with Tcalculated<Ttable. Based on result of the research Tcalculated<Ttable (0 < 89) with significance level 5%. Therefore, alternative hypothesis (Ha) is accepted and nul hypothesis (H0) is rejected. Conclusions from the study showed that the glass media figures significantly affect the ability to know the epitome of numbers Group A In kindergarten NU's 82 Sambisari Sidoarj. Keywords: Glass Media Figures, The Symbol of the ability to know numbers

Copyrights © 2016