Abstrak Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-5 melalui media star card. Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun di KB Tunas Mulia Mojokerto dengan jumlah 15 anak terdiri dari 10 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh teman sejawat dan dokumentasi yang berupa foto kegiatan anak dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-5 melalui media star card sebesar 36,67% berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II. Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa media star card dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-5 pada anak kelompok bermain di KB Tunas Mulia Dlanggu Mojokerto . Kata Kunci : Lambang bilangan, Media Star Card. Abstract This classroom action research aims to improve the ability to know the epitome of numbers 1-5 through media star card. Subjects were children aged 3-4 years in KB Tunas Mulia Mojokerto with the number of 15 children consisted of 10 boys and 5 girls. Data collection techniques used in this study was the observation made by peers and documentation activities in the form of photos of children in the learning process. Data analysis techniques in this study using descriptive statistical analysis. The results showed an increased ability to recognize numbers 1-5 through media emblem star card of 36.67% based on the evaluation of the results of the first cycle and the second cycle. From the above description, it can be concluded that the star media cards can improve the ability to know the emblem of numbers 1-5 on child play groups in KB Dlanggu Tunas Mulia Mojokerto. Keywords: Emblem numbers, Star Media Card.
Copyrights © 2016