Abstrak Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan anak usia 3-4 tahun melalui metode bermain bola estafet. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B di PPT Hasanah Terpadu yang berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini pada siklus I aktivitas guru menunjukkan persentase 66,06% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 87,49%. Aktivitas anak pada siklus I sebesar 62,49% meningkat menjadi 83,92% pada siklus II. Nilai rata-rata kedisiplinan anak pada siklus I tingkat perkembangannya memperoleh persentase sebesar 59,25% dan siklus II meningkat dengan persentase 85,64%. Hal ini berarti terjadi peningkatan kedisiplinan melalui kegiatan bola estafet, sehingga penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil karena telah mencapai target yang telah ditentukan. Kata kunci: Kedisiplinan, bola estafet Abstract This classroom action research aims to improve the discipline of children aged 3-4 years through the method of playing the ball of the relay. The subjects of this study were children of group B in PPT Hasanah Terpadu, which amounted to 18 children. Data collection techniques use observation and documentation. Data analysis techniques in this study using descriptive statistical analysis. The results of this study on the cycle I teacher activity showed a percentage of 66.06% and then in the second cycle increased to 87.49%. Activity of children in cycle I of 62.49% increased to 83.92% in cycle II. The average value of child discipline in the first cycle of development rate obtained a percentage of 59.25% and cycle II increased with a percentage of 85.64%. This means there is an increase in discipline through the activities of the relay ball, so that this class action research is declared successful because it has reached the target that has been determined. Keywords:Discipline,ball relay
Copyrights © 2017