PAUD Teratai
Vol 6, No 3 (2017): Vol 6 No 3 Edisi Yudisum Sep 2017

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA SEKUNDER MELALUI KEGIATAN MELUKIS DENGAN JARI (FINGER PAINTING) KELOMPOK B DI PPT ASSALAM SURABAYA

FADILLA, NUR (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2017

Abstract

Abstrak Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengenal warna sekunder melalui kegiatan melukis dengan jari (Finger Painting) kelompok B di PPT Assalam Surabaya. Subyek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun yang berjumlah 12 anak tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan statistik deskriptif berdasarkan analisis refleksi siklus. Dari hasil pengolahan data diperoleh aktivitas guru pada siklus I sebesar 53.7 % kemudian pada siklus II sebesar 78.15 %, aktivitas anak pada siklus I sebesar 54.7 % kemudian pada siklus II sebesar 75 %, kemampuan mengenal warna sekunder pada siklus I sebesar 53.1 % kemudian pada siklus II sebesar 78.05 %, berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada kemampuan mengenal warna sekunder melalui kegiatan melukis dengan jari (Finger Painting) Kata kunci: Mengenal Warna, Melukis dengan jari (Finger Painting) Abstract This class action research aims to descript improvement in ability of comprehending secondary colors through painting-with-fingers activity in group B PPT Assalam Surabaya. Subject of research is 20 3-4 years children in school year of 2016/2017. Technique of collecting data is by using observation and documentation, while data analyze is by using descriptive statistic based on cycle reflection analysis. From results of data analysis, it obtains that activity of teacher in cycle I was 53.7% and then in cycle II it was 78.15%. activity of children in cycle I is 54.7% and then in cycle II it was 75%. Ability of comprehending secondary colors in cycle I was 53.1% and then in cycle II it was 78.05%. Based on description above, it can be concluded that the improvement exists in the ability of comprehending secondary colors through paintingwith-fingers activity. Keywords: Recognizing colors, Finger Painting Activities

Copyrights © 2017