Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata  pelajaran SAINS kelas V SDN Dolong A melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil analisis data guru dan siswa, dan analisis tes tindakan hasil belajar siswa. Subjek penelitian siswa kelas V SDN 2 Dolong A. Prosedur pelaksanaan tindakan meliputi: (1) Perencanaa, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Hasil penelitian siklus 1 dengan  presentase ketuntasan belajar klasikal 60% kategori kurang, hingga perlu dilakukan siklus II dengan hasil persentase ketuntasan belajar klasikal 86.66% kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang didapatkan disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meingkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SAINS Kelas V SDN 2 Dolong A.Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe Stad; Hasil Belajar
Copyrights © 2013