Abstrak Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya penggunaan model pembelajaran, pada mata pelajaran Matematika, tentang operasi hitung campuran khususnya kelas II Cangkir-Gresik. Hal ini terjadi karena guru belum terbiasa, sehingga jarang menggunakan model pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan menggunakan model pembelajaran NHT (Number Head Together) untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran NHT (Number Head Together) terhadap hasil belajar siswa. Peneliti menggunakan rancangan penelitian eksperimen, dengan desain penelitian yaitu Noneequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes (pretest-posttest). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Cangkir, Driyorejo-Gresik. Sampel dalam penelitian ini, yaitu kelas II Mawar sebagai kelas kontrol dan II Anggrek sebagai kelas eksperimen. Model NHT (Number Head Together) juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, terbukti dengan hasil uji beda diperoleh hasil thitung (2,802) > ttabel (1,672) dan hasil Sig (2-tailed) 0,007 < 0,05. Serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa, terbukti dari hasil rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Kooperatif NHT (Number Head Together) memiliki rata-rata skor sebesar 69,67, sedangkan kelas kontrol hanya memiliki rata-rata sebesar 59,42. Hal itu membuktikan adanya pengaruh yang signifikan antara Model NHT (Number Head Together) terhadap hasil belajar siswa kelas II SDN Cangkir, Driyorejo-Gresik. Kata Kunci: Matematika, Hasil belajar, Model NHT. Abstract The background of this study is the lack of using the learning model, on the subjects of Mathematics, especially about mix arithmetic operations of grade II Cangkir-Gresik. This happens because the teachers are not familiar, so that they seldom use innovative learning model that improve student learning outcomes in learning activities. The purpose of using cooperative learning model NHT (Number Head Together) to know is there any effect of the use of cooperative learning model NHT (Number Head Together) on student learning outcomes. Researchers used an experimental research design, the research design is Noneequivalent Control Group Design. Data collection technique used tests (pretest-posttest). The population in this study was grade II SDN Cangkir, Driyorejo-Gresik. The sample in this study, namely Mawar grade II as control class and Anggrek grade II as a experiment class. NHT (Number Head Together) also affects student learning outcomes, as evidenced by the results of different test results obtained t count (2.802)> t table (1.672) and the results of Sig (2-tailed) 0.007 <0.05. And improve student learning outcomes, as evidenced by the average yield value is applied posttest experimental class Cooperative learning model NHT (Number Head Together) have an average score of 69.67, while the control group only had an average of 59.42 , It proves there is significant between NHT Model (Number Head Together) on the results of student learning grade II SDN Cangkir, Driyorejo-Gresik. Keywords: Mathematics, learning outcomes, Model NHT
Copyrights © 2015