Abstrak Membaca, menulis, dan berhitung merupakan salah satu aktivitas yang penting. Semua proses belajar didasarkan pada kemampuan membaca dan menghitung untuk meningkatkan kognisi, serta kemampuan menulis untuk melatih motorik siswa. Siswa kelas I diharapkan memiliki kemampuan dasar membaca, menulis, dan berhitung sebagai bekal memahami materi di jenjang berikutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan, kendala, serta upaya yang dilakukan dalam pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung pada siswa kelas I SDN Kebon Dalem Mojokerto. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dokumentasi. Tahapan analisis data yaitu koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung dipengaruhi oleh kemampuan dasar siswa, kreativitas guru dalam belajar, penggunaan media dalam pembelajaran, serta peran wali murid dalam mendukung pembelajaran. Keywords: sekolah dasar, membaca, menulis, berhitung, dekriptif kualitatif Abstract Reading, Writing, and is the one of important program. All the process of learning depend on reading and count skills that increase the knowledge, with writing skills to train the student motoric. First grade are expected have a basic ability to read, write, and count to know a lesson in the next session. The aim of this research to describe implementation, obstacle, and efforts to solve an obstacle of reading, writing, and count in first grade at SDN Kebon Dalem Mojokerto. Design of the study is qualitative descriptive. Data collected by interview, observation, documentation. The data phase are data collection, data reduction, presenting data, and verification. The results show the implementation reading, writing, and count learning affect by student ability, teacher creativity, media implementation, and parents to support in learning. Keywords: elementary school, reading, writing, count, qualitative descriptive
Copyrights © 2015