Abstrak Guru membutuhkan media yang dapat menggambarkan objek dengan jelas untuk memudahkan siswa dalam menulis deskripsi, maka dipilihlah media video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media video terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen quasi experimental dengan model desain nonequivalent control group desain. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Data hasil nilai pretes-postes dianalisis menggunakan uji t-tes. Hasil uji t-tes diperoleh thitung = 4,85 > ttabel = 2,00. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video berpengaruh terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa sekolah dasar. Kata Kunci: Media, video, keterampilan menulis deskripsi. Abstract Teachers need the media that describe the object clearly to help students write description, then choosen video media. The aim of this research to determine the effect of using video media toward description writing skills of elementary school students. The method of this research is a quasi experimental by using design models nonequivalent control group design. Data collection techniques using the test. Data from the pretest-posttest values were analyzed using t-tests. T-tests collected by test results obtained tcount = 4.85> ttable = 2.00. This result show that there are differences in learning results between the experimental group and the control group. Based on these results it can be concluded that the using of video media influence on description writing skills of primary school students. Keywords: media, video, description writing skills.
Copyrights © 2015