Abstrak Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif siswa adalah penerapan metode eksperimen dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan metode eksperimen terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh penghitungan data terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif siswa menghasilkan nilai t (thitung) lebih besar dari ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa metode eksperimen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif siswa. Kata Kunci: metode eksperimen, hasil belajar, keterampilan berpikir kreatif. Abstract One of the factors that caused the learning result and students’ creativity in thingking skill low is experiment method application in the learning process. The aim of this research is to describe the influence of experiment method to the learning result and strudents’ creativity in thingking skill. This research quasi experimental planning by design non equivalent control group design. The collection data technique used test and observation. Based on the research result that had been done, got data calculation to the result of the students’ creativity in thingking skill produced score t (tcount) is bigger than ttable. This showed that experiment method has a significant impact towards of study and students’ creativity in thingking skill. Keywords: experiment method, learning result, students’ creativity in thingking skill
Copyrights © 2015